AL-AZHAR HARAPAN INDAH

SMA Alharin

IMG_20150115_172816

SMA Al-Azhar Harapan Indah Menjadi Peserta Olimpiade Indonesia Cerdas

           Era globalisasi adalah tantangan besar bagi dunia pendidikan Islam. Untuk itu SMA Al-Azhar Harapan Indah (ALHARIN) dengan strategi pendidikan Holistik yang telah dianalisa secara professional, Insya Allah telah siap mengatasi  tantangan dan masalah pendidikan ini dengan program-program. Kami yakin bahwa kemampuan-kemampuan yang diharapkan itu dapat diwujudkan dalam proses pendidikan Islam yang berkualitas, sehingga dapat menghasilkan lulusan yang berwawasan luas, unggul dan profesional, yang akhirnya dapat menjadi teladan yang dicita-citakan untuk kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.

         Dengan system pendidikan holistik yang dilakukan dengan efektif, kreatif dan inovatif dapat tercapai. Untuk itu hendaknya ada upaya-upaya dilakukan seperti berikut ini:

         Pertama, orientasi pendidikan Islam harus lebih ditekankan kepada aspek afektif dan psikomotorik. Artinya, pendidikan lebih menitik beratkan pada pembentukan karakter peserta didik dan pembekalan keterampilan atau skills,  agar setelah lulus mereka tidak mengalami kesulitan dalam  mencari pekerjaan daripada hanya sekadar mengandalkan aspek kognitif (pengetahuan).

        Kedua,dalam proses belajar mengajar guru harus mengembangkan pola student oriented  sehingga terbentuk karakter kemandirian, tanggung jawab, kreatif dan inovatif pada diri peserta didik, dengan teknik pembelajaran PAIKEM GEMBROT (Pembelajaran aktif, inovatif,  kreatif, efektif dan menyenangkan serta gembira dan berbobot).